Senin, 08 Oktober 2012

Selat Sunda

http://www.k3b4ng3t4n.blogspot.com/
SELAT SUNDA
Selat Sunda adalah selat yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatara. Di ujung Pulau Jawa sebelah barat yaitu Pelabuhan Merak dan ujung Pulau Sumatera Sebelah Selatan Pelabuhan Bakauheni. Selat ini di hubungkan dengan banyak kapal-kapal ferry yang berukuran GT diatas 3000 namun hilir mudik masyarakat dari atau tujuan Pulau Sumatera dan Pulau Jawa sangat lah padat sehingga antrian penumpang tidak pernah lengang. Dan juga minggu-minggu kemarin telah terjadi insiden kecelakaan antara Kapal tanker MV Norgas Cathinka menabrak lambung kanan KMP. Bahuga Jaya yang menuju Pelabuhan Bakauheni akibatnya lambung KMP. Bahuga Jaya robek dan tenggelam pukul 06.00 WIB.
Lokasi kejadian itu sendiri berada sekitarempat mil dari Pelabuhan Bakauheni atau sekitar dua mil dari Pulau Rimau Balak. Sementara itu Skaugen perusahaan pemilik MV Norgas Cathinka mengatakan kapal itu sedang mengangkut bahan kimia jenis Propylene ketika insiden itu terjadi.
Seperti dikutip dari situs resmi perusahaan tersebut mereka mengklaim tidak ada kebocoran dari bahan kimia yang mereka bawa pasca terjadinya tabrakan itu dan tidak ada pencemaran apapun yang mereka timbulkan.
   Selat Sunda mempunyai cerita rakyat yang berhubungan dengan gunung krakatau yaitu pada jaman dahulu kala dipulau jawa sebelah barat,ada satu kerajaan yg rajanya bernama Prabu Rakata.sang raja,punya dua Putra Laki laki,karena prabu rakata sudah tua,kemudian memberikan kpd putra putranya dgn membagi dua kerajaan. Sepeninggal prabu rakata kedua putra raja tersebut saling serang dan akhirnya perang tdk bias dihindari.sehingga sampai kabar ke prabu rakata,beliau marah besar.
diambilnya guci pusaka yg berisi air kemudian dikucurkannya air sebagai tapal batas kerajjan kedua putranya.lama kelamaan batas kerajaan yg dikucuri air dari guci pusaka berubah menjadi selat yg sekarang disebut dgn selat sunda dan guci pusakaberubah menjadi gunung Krakatau.

2 komentar: